7 Tips Penting Membeli Tablet PC

Tablet PC kini sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang pekerjaan, pendidikan, buku elektronik hingga untuk hiburan. Dengan fitur-fitur dan aplikasi-aplikasi yang beragam menambah kebermanfaat gadget yang satu ini. Dalam pekerjaan, aplikasi pembuat dokumen, statistik, hingga penyimpanan dokumen terintegrasi onlin. Dalam bidang pendidikan, banyak aplikasi penunjang pendidikan seperti kamus, pembaca buku, pembuat jadwal kuliah dan ribuan aplikasi penunjang pendidikan lainya.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum kita memutuskan membeli sebuah tablet PC untuk berbagai keperluan seperti diatas. Berikut tips dari Iwarta :

1. Tipe ukuran tablet
Penentuan ukuran tablet sangat penting, pengguna sebaiknya menentukan pemilihan tipe ukuran berdasarkan kebutuhan pemakainya. Misalnya untuk tablet PC yang lebih banyak digunakan dirumah dengan penggunaan berbasis detail bisa menggunakan yang berukuran 10 inch. Sedangkan untuk kebutuhan diluaran seperti untuk menemani perjalanan, bisa menggunakan tablet berukuran 7 dan 8 inch. Untuk kebutuhan membaca atau menonton yang berkuran lebih besar akan lebih memuaskan pengguna.

2. Resolusi Gambar
Selain ukuran, hal penting lainya adalah resolusi gambar. Hal ini penting terutama untuk penggunaan yang berbasis detail gambar seperti untuk menonton atau permainan. Mungkin Tablet dengan resolusi rendah bisa lebih murah, tapi bisa jadi kurang memuaskan bagi gamer yang ingin menginginkan detail gambar dalam permainan yang dimainkan.

3. Penyimpanan Internal dan Ukuran Penyimpanan Eksternal
Penyimpanan data sangat penting karena disinilah data dan aplikasi disimpan. Bisa jadi ukuran penyimpan yang lebih besar bisa membuat harga tablet sedikit lebih mahal, namun harus diperhatikan penyimpanan yang sedikit mengganggu karena pengguna harus sering menghapus konten.

Untuk penyimpanan eksternal bisa digunakan untuk menyimpan berkas-berkas gambar, audio dan video. Walaupun, pengguna bisa melakukan backup rutin ke dropbox atau Google drive, tapi berkas offline juga penting jika pengguna sering mengakses berka s tersebut dan tablet tak terkoneksi jaringan internet.

4. Sistem Operasi
Berjalanya sebuah aplikasi bergantung juga pada sistem operasi. Beberapa aplikasi dapat berjalan di sistem operasi Android, namun di sistem operasi iOS belum tentu. Saat ini sistem operasi yang paling banyak digunakan dan mendukung banyak aplikasi adalah Android. Namun sistem operasi Android, saat
ini memiliki banyak “musuh” sehingga banyak disisipi malware di aplikasi yang terinstall. Seperti pepatah mengatakan makin tinggi pohon, maka semakin kencang angin menerma. Begitu pula dengan ketenaran OS Android.

Sistem operasi Android pun memiliki ragam versi seperti Froyo, Ginggerbread, Honeycomb, Jellybean dan terbaru dirilis Android Kitkat yang dirilis akhir tahun 2013. Sistem operasi “latest version” atau versi terbaru bisa lebih aman karena celah-celah pada versi sebelumnya bisa jadi telah ditutup. Namun versi terbaru OS bisa jadi tidak mendukung beberapa aplikasi.Oleh karena ini Sistem operasi harus diperhatikan.

5. Penghubung Jaringan (Konektivitas)
Internet dalam tablet telah menjadi kebutuhan pokok, tanpa jaringan bagaikan sayur tanpa garam. Sebelum memutuskan membeli tablet sebaiknya diperhatikan penghubung jaringanya :
 Dukungan Bluetooth untuk mendukung akses pertukaran data dan berkas jarak dekat.
Dukungan jaringan Wifi penting bagi pengguna yang sering memanfaatkan jaringan wifi di rumah, sekolah, tempat kerja dan lainya.
Dukungan jaringan selular, tidak semaua tablet memiliki slot simcard internal, beberapa tablet PC tidak memiliki slot untuk simcard dan harus menambahkan alat tambahan. Bagi pengguna yang cenderung “mobile” dukungan jaringan selular menjadi sangat penting sehingga akses internet dapat diperolah dimanapun yang terkoneksi jaringan selular.
6. Prosesor
Sistem operasi dan aplikasi dijalankan oleh prosesor. Semakin bagus spesifikasi prosesor maka kecepatan pemrosesan aplikasi bisa lebih optimal. Prosesor juga menjadi syarat beberapa aplikasi berjalan atau tidaknya.

7. RAM
Selain prosesor, RAM yang lebih tinggi membantu pentingkatan kinerja tablet. Makin tinggi spek RAM maka makin cepat aplikasi dijalankan. Aplikasi-aplikasi yang dijalankan secara bersamaaan di tablet memakai kinerja RAM.

Subscribe

Silahkan masukkan alamat email untuk mendapatkan update terbaru berita iwarta.com