97 Persen Malware Menyerang Ponsel ber-OS Android

By: On:

 Android malware rose from 238 threats in 2012 to 804 new threats in 2013. What was the combined total of new threats for Apple AAPL +0.16% iOS, BlackBerry OS and Microsoft MSFT -0.78% Windows Phone in that time? Zero. The remaining 3% came from Nokia ’s axed Symbian platform.

 Tahun 2013 pengguna sistem operasi Android di ponsel meningkat dan ditaksir sekitar 87 pengguna ponsel dunia menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Pengguna banyak bukan berarti aman, nyatanya sekitar tahun 2012 ancaman malware terjadi 238 kasus dan meningkat menjadi 804 kasus.

Secara keseluruhan di tahun 2013 dari pengguna ponsel “bermalware”, 97 persen ber-OS Android, disusul oleh Nokia ber-OS Symbian mencapai 3 persen, sedangkan yang berplatform Blackberry, Apple dan Symbian tidak ada laporan malware seperti yang diberitakan oleh F-Secure.

Mayoritas malware datang dari aplikasi-aplikasi yang diinstalkan di ponsel Android, terutama apps yang diunduh dan diinstall diluar apps store (Google Play).

Untuk mencegah dan meminimalisir malware pada ponsel Android Anda, diharapkan untuk tidak mengunduh dan menginstal aplikasi diluar dari GooglePlay atau penyedia apk pihak ketiga.

Subscribe

Silahkan masukkan alamat email untuk mendapatkan update terbaru berita iwarta.com