Beli 3 kapal selam, Ide Jitu SBY Perkuat Armada Laut Dilanjutkan Jokowi

Rencana pemerintah Indonesia era SBY memperkuat armada laut kini dilanjutkan oleh pemerintahan Jokowi. Pembelian 3 kapal selam baru merupakan salah satu program memperkuat pertahanan laut yang sudah digagas pemerintahan SBY. Tiga kapal selam yang dipesan merupakan rangkaian dari 12 kapal selam untuk memenuhi standar Minimum Essential Force (MEF) pertahanan Indonesia.

Seperti yang dilansir Detik 17 Februari 2014, TNI AL melalui Kementerian Pertahanan akan membeli 3 kapal selam dari Korea. Tepatnya pemeesanan kapal ini di perusaahaan Daewoo Shipbuilding Marine Engineering (DSME). Sebanyak 2 kapal selam akan diproduksi di Korea Selatan (Korsel) dan 1 unit akan diproduksi di Galangan Kapal PT PAL (Persero), Surabaya.

Kapal selam pertama dan kedua dijadwalkan tiba di Indonesia pada tahun 2016 dan 2017, sedangkan kapal selam ketiga sampai kedua belas yang akan melengkapi MEF akan di buat di dalam negeri.

Kunjungan Jokowi ke perusahaan Daewoo Shipbuilding Marine Engineering (DSME) memperkuat komitmen kerjasama pengadaan dan pengembangan teknologi pertahanan laut.

“Saya bicara kepada Presiden Park, tidak hanya kapal selam, tapi kapal lain, dan hal lain terkait industri pertahanan,” ujar Presiden Jokowi seperti dilansir Detik (12/12)

Subscribe

Silahkan masukkan alamat email untuk mendapatkan update terbaru berita iwarta.com