Yahoo Diretas, Data 1 Milyar Pengguna Terancam Bocor

Perusaahaan IT terkemuka Yahoo mendapat serangan siber. Di website resminya, Yahoo menyatakan bahwa sedikitnya 500 juta data akun pengguna terpapar. Akun pengguna yang terpapar keluar meliputi username akun, passowrd, pertanyaan keamanan pengguna, tanggal lahir dan email pengingat yang terkait dengan akun.

Tidak ada data angka pasti jumlah pengguna yang diretas, namun kini lebih dari 1 milyar pengguna aktif  Yahoo  terancam bocor dan rentan diretas dan disalahkangunakan karena data pengguna seperti username dan password sudah jutaan data pengguna yang diperjual belikan.

Serangan besar peretasan ini terjadi dalam dua gelombang besar yang dimulai pada Agustus 2013 dan 2014 atau tiga tahun yang lalu. Namun perusahaan Yahoo baru menyelidiki kebocoran dalam sistem keamanaan mereka berdasarkan data yang diberikan penegak hukum pada bulan November tahun ini. Pengumuman resmi diungkapkan pada Rabu (14/12).

Yahoo menuding ada pihak ketiga yang melakukan peretasan dalam serangan peretasan yang terjadi dalam tiga tahun ini.

Mengatasi masalah ini, Yahoo menganjurkan pengguna untuk mengganti kata kunci, pertanyaan keamanana dan data keamanaan lainya.

Subscribe

Silahkan masukkan alamat email untuk mendapatkan update terbaru berita iwarta.com